Rabu, 04 Desember 2013

Jaya Terus UKM PUSAT KARATE INKAI UNEJ


DOKUMENTASI 2012 "STADION UNEJ1. Universitas Jember.
Universitas Jember adalah perguruan tinggi negeri di Kabupaten Jember,  berhawa tropis di bagian tenggara Propinsi Jawa Timur. Kampus UNEJ berada di kawasan hijau yang ramah lingkungan sehingga memberikan ketenangan dalam  melaksanakan kegiatan 
akademik (lokasi stadion UNEJ, Kohai : Obet-Wandi (FMIPA), Tika-Ina-Nita-Mila (FE), Fak. Teknik, Eddy-Dian)

2. Unit Kegiatan Mahasiswa.
Unit kegiatan mahasiswa (UKM) adalah unit kegiatan ekstarkurikuler yang mewadahi aktivitas mahasiswa Universitas Jember untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian tertentu bagi para anggotanya. Organisasi ini merupakan partner organisasi kemahasiswaan intra kampus baik yang berada di tingkat Universitas (ORMAWA), Fakultas, Program Studi Setara Fakultas, dan Jurusan sehingga menyatukan persepsi dan orientasi intelektual mahasiswa dalam mengembangkan cabang olahraga beladiri karate menjadi lebih solid dan terkontrol dalam satu pembinaan yang simultan serta dinamis.

3. Mengenai INKAI
Seni beladiri olahraga karate yang berkualitas, akuntabel, mandiri, transparan, komprehensif, integral, dan sistematis serta memiliki prinsip kekhususan dan bercirikan tiga (3) karakteristik yaitu shobu ippon, tanpa kelas dalam bertanding dan prinsip bela diri (Budo Karate-do) sedangkan lima (5) jenis karakteristik pertandingan yaitu fukugo (kombinasi), peragaan kata, peragaan enbu, jiyuu kumite dan koogo kumite merupakan ciri khas dari Karate Tradisional.
Karate ( ) adalah seni bela diri yang berasal dari Jepang. Seni bela diri karate dibawa masuk ke Jepang lewat Okinawa. Seni bela diri ini pertama kali disebut "Tote” yang berarti seperti “Tangan China”. Waktu karate masuk ke Jepang, nasionalisme Jepang pada saat itu sedang tinggi-tingginya, sehingga Sensei Gichin Funakoshi mengubah kanji Okinawa (Tote: Tangan China) dalam kanji Jepang menjadi ‘karate’ (Tangan Kosong) agar lebih mudah diterima oleh masyarakat Jepang. Karate terdiri dari atas dua kanji. Yang pertama adalah ‘Kara’ 空 dan berarti ‘kosong’. Dan yang kedua, ‘te’ 手, berarti ‘tangan'. Yang dua kanji bersama artinya “tangan kosong” 空手 (pinyinkongshou).
organisasi  beladiri olahraga yang mewadahi karate tingkat dunia, antara lain JKA, SKIF, JKF dan WKF. 
Latihan dasar karate terbagi tiga seperti berikut:
1. Kihon, yaitu latihan teknik dasar karate seperti teknik memukul, menendang dan menangkis.
2.  Kata, yaitu latihan jurus atau bunga karate.
3.  Kumite, yaitu latihan tanding atau sparring.
Pada saat ini karate dibagi menjadi perguruan tradisional dan modern. Aliran tradisional lebih menekankan kepada aspek karakter dan teknik bela diri dalam bertempur, sementara karate umum lebih menumpukan teknik dan pengumpulan angka dalam bertanding (tidak mengikuti aturan yang telah ditentukan dari ITKF, IOC, JKA).

Terkait dengan pembinaan UKM olahraga beladiri Karate di Universitas Jember, sebenarnya perguruan bukan perbedaan yang harus dipermasalahkan akan tetapi karate di kampus butuh pembinaan yang intensif sehingga dua perguruan yang berbeda ini dapat berjalan bersama bergandengan tangan menuju masa depan prestasi olahraga karate yang gemilang. 
Seiring dengan perjalanan proses waktu. UKM INKAI UNEJ debutnya dimulai pada tahun akademik 2009/2010 dibentuk dengan SK Rektor Universitas Jember dengan pembinaan yang simultan dan dinamis ditunjuklah Ir. Eddy Suhan sebagai pelatih sampai dengan sekarang dan menduduki jabatan sebagai pejabat struktural eselon IV di UNEJ.